BAB I
1.1 TUJUAN
Diharapkan para siswa
pelatihan dapat mengenal, memahami dan mengerti struktur pemrograman Delphi, mengenal program sederhana dan mengetahui teknik
penulisan program.
1.2 LANDASAN TEORI
Delphi adalah paket bahasa pemrograman
yang bekerja dalam system operasi (SO) Windows, bahasa Delphi
merupakan bahasa pemrograman berbasis visual yang merupakan pengembangan dari
bahasa pemrograman Pascal.
Delphi mempunyai cakupan kemampuan
pemrograman yang luas, baik itu untuk mengolah teks, grafik, angka, database,
ataupun aplikasi web.
Secara umum dalam lingkungan
kerja Delphi terdapat empat (5) buah windows
yang dirancang sebagai sebuah aplikasi multi wondow Single Document Interface
(SDI) seperti yang terlihat pada gambar 1.1. dengan keterangan bahwa satu
window utama dalam Delphi mengatur beberapa
window yang saling berhubungan, yaitu : window object inspector, window form,
window object treeview dan window editor program. Apabila window utama ditutup
atau di-minimize, keempat window diatas akan melakukan perintah yang sama.
Lima buah window yang akan muncul pada saat pertama kali
aplikasi Delphi diaktifkan :
1. Window Utama (Main Window)
Merupakan pusat pengaturan
dalam Delphi. Dalam window ini terdapat 3 buah
elemen yang masing-masing memiliki fungsi khusus yaitu : menu bar, speedbar dan
komponen palette.
2. Window Object Inspector
Merupakan bagian dari Main
Window, memiliki 2 buah halaman yaitu : halaman property dan event.
Halaman property menampilkan semua property untuk objek ynag terpilih dalam
window form, sedangkan halaman event, mendaftar semua event yang akan
ditanggapi oleh objeck yang bersangkutan.
3. Window Object Treeview
Bagian dari Main Window yang
berisi tampilan susunan object yang ada didalam Window Form.
4. Window Form
Untuk satu aplikasi baru,
window ini biasanya ditampilkan dengan judul “Form_1”, digunakan untuk merancang sebuah aplikasi baru yang sedang
dibuat.
5. Window Editor Program
Digunakan untuk menulis kode
program atau bahasa pemrogramannya. Tampilan Window Form dan Window Editor
biasanya saling bertumpuk. Untuk berpindah tampilan dari Window Form ke Window
Editor atau sebaliknya, bisa menggunakan tombol fungsi F12.

Gambar 1.1. Tampilan Applikasi
Delphi
Tipe data yang bisa dibaca oleh Delphi
ada bermacam-macam, seperti halnya dalam pascal. Diantaranya :
1.
Tipe
Bilangan Bulat (Integer)
Tipe data ini bermacam-macam, tergantung
dari panjangnya rentang jangkauan nilainya. Diantaranya :
a. ShortInt (Short Integer) : -128 s.d. 127
b. SmallInt (Small Integer) : -32768 s.d. 32767
c. Integer :
-2147483648 s.d. 2147483647
d. Byte :
0 s.d. 255
e. Word :
0 s.d. 65535
2.
Tipe
Bilangan Desimal (Real)
Tipe data Real beserta jangkauan nilainya pada Delphi
terdiri dari :
a. Real :
2.9x10-39 s.d. 1.7x1038
b. Single :
1.5x10-45 s.d. 3.4x1038
c. Double :
5.0x10-324 s.d. 1.7x10308
d. Extended :
3.4x10-4932 s.d. 1.1x104932
e. Comp :
-236+1 s.d. 236-1
f. Currency :
-922337203685477.5808 s.d.
922337203685477.5807
3.
Tipe
Boolean
Nilai yang terdapat dalam tipe Boolean adalah Benar (True) atau Salah (False). Sedangkan macam dari tipe data ini adalah : Boolean, ByteBool, WordBool dan LongBool.
Dari keempat data tersebut, yang paling sering digunakan adalah yang bertipe Boolean. Pada tipe Boolean ini, nilai
True dianggap sebagai 1 dan nilai False dianggap sebagai 0.
4.
Tipe
Karakter (Char)
Tipe data Karakter pada Delphi, kurang
lebih bernilai sama dengan yang ada dalam Pascal, digunakan untuk menyimpan
data alfanumeris, seperti ‘A’,’a’, ‘B’,’b’, ‘$’, ‘&’, bahkan nilai yang
berupa angka atau gabungan dari angka (tetapi nilainya bukan sebagai Number).
5.
Tipe
String
Tipe data String digunakan untuk menyimpan
data yang berupa gabungan dari karakter, misal : ‘Universitas Islam Indonesia’,
‘Teknik Informatika’, Fawaid2210’, dan lain-lain.
dan masih banyak lagi tipe data yang lain.
1.3 TUTORIAL PROGRAM
1.3.1 Membuat program aplikasi sederhana, menampilkan komponen Label dan Button pada Komponen Palette Standard.
f.
Double-click icon Label pada Componen palette standard
sebanyak 3 kali, serta icon Button
sebanyak 3 kali.



Gambar 1.2. Tampilan Komponen
Palette Standard
g. Atur posisi komponen Label dan
Button seperti gambar 1.4., ubah caption pada Object Inspector untuk Button1
menjadi “Aktifkan”, Button2 menjadi
“Batal” dan Button3 menjadi “Keluar”.
h.
Tekan tombol 

atau klik File
dan pilih “Save-All”, simpan unitnya dengan nama Lat1 dan Project-nya dengan nama PLat1.



Double-click Form
dan tulis kode dibawah :
Label1.Caption := '.....???';
Label2.Caption
:= '.....???';
Label3.Caption
:= '.....???';


Gambar 1.3. Tampilan Object
Inspector

Gambar 1.4. Form Latihan – 1
Double-click Button1 (tombol “Aktifkan”) dan tulis
kode dibawah :
Label1.Caption := 'Jurusan Teknik
Informatika';
Label2.Caption
:= ‘Fakultas Teknologi Industri’;
Label3.Caption
:= 'Universitas Islam Indonesia';
Double-click Button2 (tombol “Batal”) dan tulis kode
dibawah :
FormCreate(Sender);
Double-click Button3 (tombol “Tutup”) dan tulis kode
dibawah :
Application.Terminate;
Tekan kembali tombol Save All. Untuk menjalankan, Click Run à Run, atau tekan tombol F9 atau tekan tombol
pada
Main Window


Gambar 1.5. Aplikasi latihan-1
saat dijalankan
1.3.2. Membuat Program
Aplikasi Stopwatch.
Program dibawah ini adalah
contoh aplikasi sederhana pembuatan
pencacah waktu (stopwatch).
Langkah-langkahnya adalah :
a. Klik File pada Window Utama
Delphi, dan pilih “New Application”
b. Tambahkan pada Form, 3 buah
komponen Label, 3 buah komponen Edit dan sebuah komponen Button
c. Ubah Caption untuk komponen
Label pada Properties (Object Inspector), Label1
= ”Mulai”, Label2 = ”Selesai” dan Label3 = ”Lama”.
d. Ubah Caption untuk komponen
Button pada Properties (Object Inspector) menjadi ”Mulai”.
e. Tambahkan komponen Timer
pada
Component Palette system.


Gambar 1.6. Tampilan Komponen
Palette System
f. Tekan tombol “Save-All”,
simpan unitnya dengan nama Lat2 dan
Project-nya dengan nama PLat2.

Gambar 1.7. Form Latihan – 2
Tambahkan nilai variable di
“Variable Global” pada kode windows :
var
Form1: TForm1;
Awal, Akhir : TDateTime;
Lama : Real;
Double-click Form dan tulis kode dibawah :
Timer1.Interval := 1;
Double-click tombol Mulai dan
tulis kode dibawah :
if Button1.Caption='Mulai' then
begin
Awal := Time;
Edit1.Text := TimeToStr(Time);
Button1.Caption := 'Berhenti';
end
else if
Button1.Caption='Berhenti' then
Button1.Caption:='Selesai'
else
Application.Terminate;
Double-click komponen Timer
pada Form dan tulis kode dibawah :
procedure
TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject);
var
Slama :
String;
begin
if
Button1.Caption='Berhenti' then
begin
Akhir :=
Time;
Edit2.Text
:= TimeToStr(Akhir);
Lama :=
(Akhir-Awal)*100000;
Str(Lama:12:2,Slama);
Edit3.Text
:= Slama;
end;
end;
Tekan kembali tombol “Save
All”. Kemudian jalankan program ini (RUN).

Gambar 1.8. Aplikasi latihan-2
saat dijalankan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar